Selamat datang di Aplikasi AKM!
BACALAH SELURUH KETENTUAN PENGGUNAAN INI SEBELUM MENGAKSES ATAU
MENGGUNAKAN APLIKASI AKM
Ketentuan Umum
Ketentuan Penggunaan ini adalah perjanjian antara pengguna (“Anda”) dan
CV Reksa (“Perusahaan” atau “Kami”), sebuah badan usaha yang didirikan
dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia
dan berdomisili di Denpasar, Indonesia. Ketentuan Penggunaan ini
mengatur akses dan penggunaan Anda atas aplikasi, situs web
(www.akm.or.id dan situs web lain yang Kami kelola), konten dan produk
yang disediakan oleh Kami (selanjutnya, secara bersama-sama disebut
sebagai “AKM App” atau “Aplikasi AKM”), serta pemesanan, pembayaran atau
penggunaan layanan yang tersedia pada Aplikasi AKM (“Layanan”).
Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Anda juga menyetujui
Penggunaan tambahan, termasuk Ketentuan Penggunaan pada setiap Layanan,
dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari
Ketentuan Penggunaan ini (selanjutnya, Ketentuan Penggunaan, Ketentuan
Penggunaan Tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut
sebagai “Ketentuan Penggunaan”). Meskipun merupakan satu kesatuan,
Ketentuan Penggunaan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan
dengan Ketentuan Penggunaan.
1. Penggunaan Aplikasi AKM dan Layanan
Akses dan penggunaan Aplikasi AKM tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini.
Anda mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Aplikasi AKM
atau aplikasi lain, menggunakan Layanan yang tersedia pada Aplikasi AKM
atau tidak, atau berhenti menggunakan Aplikasi AKM.
Kami hanya memfasilitasi Anda untuk menemukan berbagai Layanan yang Anda
perlukan dengan menyediakan Aplikasi AKM. Semua Layanan disediakan
secara langsung oleh pihak ketiga independen yang setuju menjadi
penyedia layanan Kami dengan skema kemitraan atau skema lainnya.
(“Penyedia Layanan”)
Berdasarkan aktivitas yang dapat Anda lakukan pada ekosistem Aplikasi
AKM dan cakupan informasi yang akan Kami peroleh dari aktivitas Anda,
Anda dapat dikategorikan sebagai berikut:
a. Pengunjung Situs Web
Apabila Anda mengunjungi situs web Kami, Anda akan Kami anggap sebagai
pengunjung situs web dan akan tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini dan
Kebijakan Privasi dalam cakupan Anda sebagai pengunjung situs web.
b. Pengguna Aplikasi
Apabila anda mendaftarkan diri Anda pada Aplikasi AKM, Anda akan Kami
anggap sebagai Pengguna Aplikasi dan selanjutnya ada akan tunduk kepada
Ketentuan Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi dalam cakupan Anda
sebagai Pengguna Aplikasi.
c. Pengguna Aplikasi – Mitra Group Leader (“MGL”)
Apabila Anda merupakan Pengguna Aplikasi yang melakukan pendaftaran
sebagai MGL atau melakukan kegiatan sebagai MGL, maka Anda akan Kami
anggap sebagai Pengguna Aplikasi yang merupakan MGL (“Pengguna Aplikasi
– MGL”) dan akan tunduk kepada Ketentuan Penggunaan ini, Kebijakan
Privasi dan Syarat dan Ketentuan dan/atau Frequently Asked Questions
yang terkait dengan status Anda sebagai MGL.
2. Pembukaan dan Pengaksesan Akun AKM App
Sebelum menggunakan Aplikasi AKM, Anda harus menyetujui Ketentuan
Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi, dan mendaftarkan diri Anda dengan
memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. Saat melakukan
pendaftaran, Kami akan meminta Anda untuk memberikan nama lengkap,
alamat surat elektronik, dan nomor telepon genggam pribadi Anda. Anda
dapat mengubah informasi data diri Anda pada fitur pengaturan dalam
Aplikasi AKM.
Setelah melakukan pendaftaran, sistem Kami akan menghasilkan kode
verifikasi secara otomatis dan mengirim kode verifikasi tersebut melalui
pesan singkat ke nomor telepon genggam yang Anda berikan. Anda perlu
melakukan verifikasi tersebut pada halaman pendaftaran di Aplikasi AKM.
Setelah melakukan verifikasi, sistem Kami akan membuatkan akun AKM App
(“Akun”) untuk Anda yang dapat digunakan untuk menggunakan Aplikasi AKM
dan memesan Layanan melalui Aplikasi AKM. Nomor telepon genggam Anda
melekat pada Akun Anda sehingga Anda tidak bisa membuat Akun baru dengan
nomor telepon genggam yang sudah didaftarkan. Hal yang sama juga berlaku
apabila di kemudian hari Anda mengubah nomor telepon genggam Anda pada
menu pengaturan di Aplikasi AKM.
Dalam hal Anda telah keluar dari Akun Anda, maka Anda perlu memasukan
alamat surat elektronik atau nomor telepon genggam yang anda berikan
pada saat mendaftarkan diri Anda dan memasukan kode verifikasi, yang
kemudian dikirim secara otomatis oleh sistem Kami ke nomor telepon
genggam terdaftar Anda, pada halaman pengaksesan.
KODE VERIFIKASI (ONE TIME PASSWORD/OTP) DIHASILKAN SECARA OTOMATIS
OLEH SISTEM KAMI. KAMI TIDAK MENGETAHUI DAN TIDAK PERNAH MEMINTA
KODE VERIFIKASI ANDA. JANGAN PERNAH MEMBERITAHUKAN KODE VERIFIKASI
ANDA KEPADA SIAPAPUN BAHKAN KEPADA KAMI ATAU PIHAK LAIN YANG MENGAKU
SEBAGAI PERWAKILAN KAMI.
3. Akun Anda
Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan
kepada orang lain dengan alasan apapun. Kami berhak menolak untuk
memfasilitasi pesanan jika Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang
cukup untuk menduga bahwa Anda telah mengalihkan atau membiarkan Akun
Anda digunakan oleh orang lain.
Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda, termasuk nama terdaftar, alamat
surat elektronik terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, rincian
pembayaran dan metode pembayaran yang Anda pilih, serta kode verifikasi
yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau Penyedia metode
pembayaran sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Semua
kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan
kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam
hal demikian, Kami akan menganggap setiap penggunaan atau pesanan yang
dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.
Segera beritahukan Kami jika Anda mengetahui atau menduga bahwa Akun
Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Kami akan
melakukan tindakan yang Kami anggap perlu dan dapat Kami lakukan
terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
4. Informasi Pribadi
Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan, dan pembagian
informasi pribadi Anda, seperti nama, alamat surat elektronik, dan nomor
telepon genggam Anda yang Anda berikan ketika Anda membuka Akun tunduk
pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari Ketentuan Penggunaan ini.
5. Konten, Informasi, dan Promosi
Konten adalah segala hal yang dibagikan oleh Anda di Aplikasi AKM yang
dapat berupa teks, gambar, foto, video, link ke suatu lama situs
tertentu, animasi dan lain-lain (“Konten”). Anda mengetahui bahwa Konten
yang Anda bagikan pada Aplikasi AKM akan terlihat oleh seluruh pengikut
Anda di Aplikasi AKM. Apabila Anda membagikan Konten pada fitur
“Komunitas” pada Aplikasi AKM, maka Konten anda akan terlihat oleh
seluruh pengguna yang merupakan anggota komuitas tersebut dan terdapat
kemungkinan bahwa pengikut Anda dapat membagikan Konten Anda kepada
pengikutnya yang lain tanpa sepengetahuan Anda.
Anda setuju bahwa segala tindakan yang Anda lakukan terhadap suatu
Konten yang dibagikan oleh pengguna lain, termasuk namun tidak terbatas
pada like, comment, dan/atau share dapat Kami pantau dan gunakan agar
Kami dapat mengerti kebutuhan pengguna dan menyediakan Layanan lebih
baik lagi kepada Anda.
Kami atau pihak lain yang bekerja sama dengan Kami dapat menyediakan
Konten Pihak Ketiga yang dapat Anda temukan pada Aplikasi AKM. Dalam hal
Konten Pihak Ketiga disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan
Kami (“Penyedia Konten Pihak Ketiga”), Kami tidak bertanggung jawab atas
bagian apapun dari isi Konten Pihak Ketiga. Akses atau penggunaan Anda
terhadap Konten Pihak Ketiga tersebut merupakan bentuk persetujuan Anda
untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kami atau
Penyedia Konten Pihak Ketiga, termasuk terhadap Kebijakan Privasi Kami
atau Penyedia Konten Pihak Ketiga.
Konten Pihak Ketiga adalah setiap informasi, data, atau berita aktual,
yang dibuat, disusun, dikembangkan, dan/atau dikelola sendiri oleh
Penyedia Konten Pihak Ketiga atau diperoleh Penyedia Konten Pihak Ketiga
dari pihak ketiga lain, dimana Penyedia Konten Pihak Ketiga bertanggung
jawab untuk memperoleh setiap perizinan yang diperlukan untuk
menampilkan Konten Pihak Ketiga tersebut, termasuk namun tidak terbatas
pada teks atau tulisan, gambar, quotes atau kutipan, foto, ilustrasi,
animasi, video, rekaman suara atau musik, judul dan/atau deskripsi untuk
ditampilkan pada Aplikasi AKM, termasuk setiap tautan yang menghubungkan
kepadanya.
Kami atau pihak lain yang bekerja sama dengan Kami dapat memberikan
penawaran atau promosi (“Penawaran”) yang dapat ditukar dengan barang,
Layanan atau manfaat lain terkait penggunaan Aplikasi AKM. Dalam hal
Penawaran disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan Kami
(“Penyedia Penawaran”), Kami tidak bertanggung jawab atas bagian apapun
dari isi Penawaran tersebut. Akses atau penggunaan Anda terhadap
Penawaran merupakan bentuk persetujuan Anda untuk tunduk pada syarat dan
ketentuan yang ditetapkan oleh Kami atau Penyedia Penawaran, termasuk
terhadap Kebijakan Privasi Kami atau Penyedia Penawaran.
Semua informasi, Penawaran yang terdapat pada Aplikasi AKM hanya
dimaksudkan untuk memberikan Anda pengalaman terbaik ketika menggunakan
Aplikasi AKM atau Layanan. Anda tidak boleh menyalahgunakan Penawaran
yang Anda terima selama penggunaan Aplikasi AKM atau Layanan.
Anda setuju untuk menggunakan Penawaran tersebut sesuai dengan syarat,
ketentuan dan maksud dari pemberian Penawaran dan tidak akan
menyalahgunakan, menggandakan, menguangkan, mengalihkan, menggunakan
untuk kepentingan komersial atau mengambil keuntungan dengan tidak wajar
dari promosi tersebut dengan bentuk atau cara apapun.
Anda memahami bahwa Penawaran tidak dapat ditukar dengan uang tunai,
memiliki masa keberlakuan yang terbatas dan tunduk pada ketentuan yang
berlaku untuk setiap Penawaran tersebut.
6. Biaya dan Pembayaran
Pengunduhan perangkat lunak dan penggunaan Aplikasi AKM adalah bebas
biaya. Namun, Kami dapat mengenakan biaya untuk penggunaan fitur
tertentu pada Aplikasi AKM di kemudian hari.
Layanan yang tersedia pada Aplikasi AKM dikenakan biaya yang dapat Anda
temukan pada Aplikasi AKM sebelum Anda memesan Layanan tersebut. Kami
dapat mengubah atau memperbaharui biaya dari waktu ke waktu berdasarkan
faktor tertentu, antara lain lokasi, waktu, jenis Layanan dan peraturan
perundang-undangan yang berlaku. Kami juga dapat membebankan harga
dan/atau biaya dengan besaran tertentu sebagai pembayaran untuk
penggunaan Aplikasi AKM yang dapat dipungut oleh Kami, afiliasi Kami,
atau Penyedia Layanan.
Anda dapat melakukan pembayaran terhadap Layanan, Konten Pihak Ketiga
atau Penawaran yang Anda akses atau gunakan dengan transfer ke rekening
bank Kami atau melalui metode pembayaran elektronik, yang disediakan
oleh pihak ketiga independen (“Penyedia Metode Pembayaran”), pada
Aplikasi AKM, termasuk uang elektronik, atau metode pembayaran lain
(jika ada) (“Metode Pembayaran”) yang dapat berubah sewaktu-waktu
berdasarkan kebijakan Kami sepenuhnya.
Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran, Anda harus
terdaftar secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Anda pilih
dan menggunakan kredensial pembayaran Anda sendiri. Dalam hal Anda
menggunakan kredensial terdaftar pihak lain, Anda bertanggung jawab
secara penuh atas semua perizinan yang diperlukan dan semua kerugian
atau sengketa yang timbul antara Anda dan pihak lain tersebut, baik
karena kelalaian atau kesalahan Anda, Kami, Penyedia Layanan, Penyedia
Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Kami berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran
Anda melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun
tidak terbatas pada adanya indikasi atau Kami mempunyai alasan yang
cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Ketentuan
Penggunaan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku
termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang
elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang,
korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang
tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Anda
kepada Kami.
Ketentuan lebih lanjut tentang biaya yang berlaku terhadap Layanan
tertentu, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan/atau Metode Pembayaran
dapat ditemukan dalam Ketentuan Penggunaan tambahan dari Layanan yang
Anda pesan dan syarat dan ketentuan dari Penyedia Layanan, Penyedia
Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan/atau Penyedia Metode
Pembayaran.
7. Perangkat Lunak Aplikasi AKM
Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi AKM yang resmi pada
pasar digital resmi, yaitu Google Play Store dan untuk digunakan hanya
pada perangkat telepon genggam atau tablet. Mengunduh Aplikasi AKM dari
tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain
selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap
Ketentuan Penggunaan ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
8. Kekayaan Intelektual
Aplikasi AKM dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama,
logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses
dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak
kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik
Indonesia yang terdaftar baik atas nama Kami ataupun afiliasi Kami. Kami
(dan pemberi lisensi Kami) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas
Aplikasi AKM dan Layanan, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual
terkait dengan seluruh fitur yang terdapat didalamnya dan hak kekayaan
intelektual terkait.
Tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini, Kami memberikan Anda lisensi
terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat
dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk (i) mengunduh, mengakses, dan
menggunakan Aplikasi AKM, sebagaimana adanya, hanya pada perangkat
berupa telepon genggam dan/atau tablet pribadi Anda dan hanya untuk
keperluan terkait penggunaan Layanan, dan (ii) mengakses atau
menggunakan konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada
Aplikasi AKM hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan tujuan komersial.
Hak dan hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas diberikan dalam
Ketentuan Penggunaan ini, adalah hak Kami atau pemberi lisensi Kami.
Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau
penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta
penggunaan Aplikasi AKM dan/atau Layanan, baik secara digital atau
lainnya atau pada perangkat selain telepon genggam atau tablet, termasuk
namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi
modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Ketentuan
Penggunaan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kami,
merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
Anda tidak boleh:
1. menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang, atau
pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi AKM;
2. menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya
turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual,
mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya,
merekayasa balik (reverse engineer), mentransmisikan, memindahkan,
menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan
cara lain mengeksploitasi Aplikasi AKM (termasuk perangkat lunak, fitur
dan Layanan di dalamnya);
3. memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali,
memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara
komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Aplikasi AKM dan/atau
perangkat lunak dengan cara menciptakan tautan (link) internet ke
Aplikasi AKM atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada
server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;
4. meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak
terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web
indexers, bots,virus atau worm, atau program apapun yang mungkin membuat
beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau
menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi AKM;
5. menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs,
perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping),
indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau
dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau
presentasi dari Aplikasi AKM atau isinya;
6. menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun
materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang
Kami miliki tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami atau
pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami,
7. menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Aplikasi AKM untuk
(a) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Aplikasi
AKM, Layanan atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau (b) membuat
produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau
grafik menyerupai Aplikasi AKM.
9. Tanggung Jawab Anda
Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Anda buat untuk
membuat, membagikan, menggunakan atau mengakses Aplikasi AKM, Layanan,
Konten, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran. Anda
harus memperlakukan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga,
Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran dengan hormat dan
tidak boleh terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah,
mengancam atau melecehkan ketika menggunakan Layanan, Konten Pihak
Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran.
Anda bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim
yang timbul dari penggunaan Aplikasi AKM, Layanan, Konten, Konten Pihak
Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran melalui Akun Anda, baik oleh
Anda atau pihak lain yang menggunakan Akun Anda, dengan cara yang
bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan ini, Kebijakan Privasi,
termasuk syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditentukan oleh
Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan
Penyedia Metode Pembayaran, atau peraturan perundang-undangan yang
berlaku, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan anti pencucian uang,
anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal, penipuan dalam bentuk
apapun (termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan phishing dan/atau
social engineering), pelanggaran hak kekayaan intelektual, dan/atau
aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau pihak lain manapun atau
yang dapat atau dianggap dapat merusak reputasi Kami.
10. Batasan Tanggung Jawab Kami
Kami menyediakan Aplikasi AKM sebagaimana adanya dan Kami tidak
menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas,
kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari
Aplikasi AKM dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan
Anda, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan, Konten Pihak Ketiga,
Penawaran dan Metode Pembayaran yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab
Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan
Penyedia Metode Pembayaran. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap
kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau
kesalahan yang dilakukan oleh Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak
Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran ataupun
kegagalan atau kesalahan Anda dalam mematuhi Ketentuan Penggunaan Kami,
Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau
Penyedia Metode Pembayaran.
Aplikasi AKM dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan
masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan
komunikasi elektronik, termasuk perangkat Anda, Penyedia Layanan,
Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode
Pembayaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar
jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab
atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang
diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
Kami tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Anda atas
Aplikasi AKM. Namun, Kami tetap melakukan pengawasan untuk tujuan
memastikan kelancaran penggunaan Aplikasi AKM dan untuk memastikan
kepatuhan terhadap Ketentuan Penggunaan ini, peraturan
perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan
lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
Kami tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan
lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Anda, Penyedia
Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia
Metode Pembayaran, terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang
timbul antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga,
Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran. Tetapi, Kami akan
memfasilitasi setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara
Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia
Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran dengan upaya wajar yang
diperlukan. Ketika Kami memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau
perselisihan antara Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak
Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, Kami tidak
bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban
lebih jauh apapun terhadap Kami.
11. Penyelesaian Masalah
Apabila Anda mengalami gangguan sistem, mengetahui atau menduga bahwa
Akun Anda diretas, digunakan atau disalahgunakan oleh pihak lain, atau
apabila perangkat telepon genggam atau tablet pribadi Anda hilang,
dicuri, diretas atau terkena virus, segera laporkan kepada Kami sehingga
Kami dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari
penggunaan, penyalahgunaan, atau kerugian yang timbul atau mungkin
timbul lebih lanjut.
Apabila Anda mengalami kendala atau masalah terkait Layanan, Konten
Pihak Ketiga, Penawaran atau pembayaran melalui Metode Pembayaran, atau
perlakuan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia
Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran Anda dapat menyampaikan
keluhan Anda melalui fitur yang Kami sediakan, termasuk pemberian
peringkat dan komentar, atau dengan menghubungi Kami.
Untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, sanggahan, dan lain-lain
(“Laporan”), Anda perlu memberikan informasi yang cukup, termasuk namun
tidak terbatas pada, ringkasan fakta yang terjadi, bukti-bukti yang Anda
miliki, nomor pesanan, dan informasi pribadi, seperti alamat surat
elektronik dan nomor telepon genggam terdaftar.
Untuk menanggapi setiap Laporan yang Anda sampaikan, Kami akan melakukan
verifikasi terlebih dahulu dengan mencocokan informasi yang Anda berikan
dan informasi pribadi Anda yang terdapat dalam sistem Kami. Jika
diperlukan, Kami dapat secara langsung meminta Anda memberikan informasi
yang diperlukan untuk tujuan verifikasi.
Kami dapat menolak untuk menindaklanjuti Laporan Anda jika informasi
yang Anda berikan tidak cocok dengan informasi pribadi yang terdapat
dalam sistem Kami atau apabila Laporan disampaikan terkait, terhadap,
atas nama atau oleh pihak lain yang berbeda dengan pemilik Akun yang
bersangkutan yang terdaftar secara resmi pada sistem Kami. Kami dapat
memberhentikan tindak lanjut terhadap Laporan Anda jika Kami, dengan
kebijakan Kami sepenuhnya, menganggap bahwa Laporan Anda tidak didukung
oleh fakta-fakta yang cukup dan jelas, atau telah selesai. Kami juga
dapat meneruskan Laporan Anda kepada Penyedia Layanan, Penyedia Konten
Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran untuk
diselesaikan secara langsung oleh Anda dan Penyedia Layanan, Penyedia
Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
Terhadap Laporan tertentu terkait Layanan, Kami dapat, dengan kebijakan
Kami sepenuhnya, memfasilitasi pertemuan antara Anda dan Penyedia
Layanan untuk tujuan penyelesaian masalah secara damai dan kekeluargaan.
Dalam hal demikian, jika Anda merasa tetap perlu mengambil tindakan
lain, termasuk tindakan hukum apapun, Anda dapat melakukannya atas
tanggung jawab pribadi Anda sepenuhnya.
Terhadap Laporan tertentu terkait Metode Pembayaran, Kami dapat
mengembalikan dana Anda melalui cara yang ditentukan oleh Kami atau
bersama-sama dengan Penyedia Metode Pembayaran, berdasarkan kebijakan
Kami sepenuhnya. Kami tidak akan mengembalikan dana kepada pihak lain
yang berbeda dengan kredensial terdaftar pada Akun Mapan Baru atau
Penyedia Metode Pembayaran, termasuk apabila Anda menggunakan kredensial
pihak lain untuk melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran.
12. Pembekuan Sementara dan Pembekuan Permanen Akun AKM App
Anda dapat menghapus Aplikasi AKM dari telepon genggam dan/atau tablet
Anda setiap saat. Kami tidak memiliki kewajiban apapun kepada Anda
terhadap hal-hal yang timbul sejak penghapusan Aplikasi AKM, pembekuan
sementara atau pembekuan permanen Akun Anda. Akan tetapi, Anda tetap
bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban-kewajiban Anda yang
telah timbul, termasuk namun tidak terbatas pada, setiap kewajiban yang
mungkin timbul akibat adanya sengketa, tuntutan, maupun tindakan hukum
lainnya yang telah ada, sebelum tanggal penghapusan Aplikasi AKM,
pembekuan sementara atau pembekuan permanen Akun Anda.
Akun Anda dapat dibekukan untuk sementara waktu atau dapat dibekukan
secara permanen karena hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada,
sebagai berikut:
1. Laporan Anda bahwa Akun Anda digunakan atau diduga digunakan atau
disalahgunakan oleh orang lain;
2. Laporan Anda bahwa telepon genggam atau tablet pribadi Anda hilang,
dicuri atau diretas;
3. Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa
Akun Anda telah dialihkan atau digunakan oleh orang lain;
4. Kami mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah
terjadi hal-hal yang menurut pandangan Kami telah atau dapat merugikan
Kami, Anda, Penyedia Layanan atau pihak lainnya;
5. Kami mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa Anda
telah melakukan manipulasi dan/atau penggunaan identitas atau Informasi
Pribadi orang lain sehingga mengakibatkan kerugian bagi orang lain
tersebut, Kami, Penyedia Layanan atau pihak lainnya;
6. Sistem Kami mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari
penggunaan Akun Anda atau adanya kewajiban berdasarkan Ketentuan
Penggunaan, dan/atau Kebijakan Privasi, dan/atau ketentuan Mapan lain
yang berlaku yang tidak dipenuhi oleh Anda;
7. Anda telah meninggal dunia, ditempatkan di bawah perwalian atau
pengampuan atau mengalami ketidakmampuan lainnya yang menjadikan Anda
tidak cakap hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
8. Penggunaan Aplikasi AKM atau Layanan oleh Anda atau pihak lain (yang
menggunakan Akun Anda) dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan
Penggunaan ini, Kebijakan Privasi atau peraturan perundang-undangan yang
berlaku; dan/atau
9. Perintah untuk pembekuan akun, baik sementara atau permanen, yang
diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter terkait atau
berdasarkan perintah pengadilan yang diterbitkan sesuai dengan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
Jika Akun Anda dibekukan dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa Akun
Anda seharusnya tidak dibekukan, Anda dapat membuat Laporan kepada Kami
untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan
lebih lanjut terhadap Laporan Anda, Kami akan, atas kebijakan Kami
sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pembekuan
terhadap Akun Anda. Pembekuan tidak akan diteruskan secara tidak wajar
apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya
pembekuan telah diselesaikan.
13. Tindakan yang Kami Anggap Perlu
Apabila Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga
bahwa Anda telah melakukan tindakan asusila, pelanggaran, kejahatan atau
tindakan lain yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau
peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik yang dirujuk dalam
Ketentuan Penggunaan ini atau tidak, maka Kami berhak untuk dan dapat
membekukan Akun, baik sementara atau permanen, atau menghentikan akses
Anda terhadap Aplikasi AKM, termasuk Layanan, Konten Pihak Ketiga,
Penawaran dan/atau Metode Pembayaran yang terdapat di dalamnya,
melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak
berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang Kami anggap perlu,
termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.
Kami akan menindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan/atau
memfasilitasi Penyedia Layanan yang bersangkutan untuk melaporkan kepada
pihak yang berwajib apabila Kami menerima Laporan adanya pelanggaran
yang Anda lakukan atas Ketentuan Penggunaan ini ataupun pelanggaran
terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehubungan dengan:
1. Pelecehan atau kekerasan verbal, termasuk namun tidak terbatas pada,
atas fisik, jenis kelamin, suku, agama dan ras, yang Anda lakukan
terhadap Penyedia Layanan;
2. Pelecehan atau kekerasan fisik yang Anda lakukan terhadap Penyedia
Layanan; dan/atau
3. Pelecehan atau kekerasan seksual, baik secara verbal maupun fisik,
yang Anda lakukan terhadap Penyedia Layanan.
Ketentuan ini juga berlaku sebaliknya apabila Anda mengalami tindakan
sebagaimana disebutkan di atas yang dilakukan oleh Penyedia Layanan
terhadap Anda.
14. Pernyataan Anda
Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah berusia minimal 18
(delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah
perwalian atau pengampuan dan Anda secara hukum memiliki kapasitas dan
berhak untuk mengikatkan diri pada Ketentuan Penggunaan ini. Jika Anda
tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan
Aplikasi AKM, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode
Pembayaran, Anda menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Anda membuka,
mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Aplikasi AKM telah
disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda. Anda secara tegas
mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau
mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan
Ketentuan Penggunaan ini pada waktu Anda dianggap telah dewasa secara
hukum.
Anda setuju untuk mengakses atau menggunakan Aplikasi AKM, Layanan,
Konten Pihak Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran hanya untuk tujuan
sebagaimana ditentukan dalam Ketentuan Penggunaan ini dan tidak
menyalahgunakan atau menggunakan Aplikasi AKM, Layanan, Konten Pihak
Ketiga, Penawaran atau Metode Pembayaran untuk tujuan penipuan,
menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain, melakukan pemesanan palsu
atau yang tindakan-tindakan lain yang dapat atau dianggap dapat
menimbulkan kerugian dalam bentuk apapun terhadap orang lain.
Anda memahami dan menyetujui bahwa seluruh risiko yang timbul dari
penggunaan Aplikasi AKM, Layanan, Konten Pihak Ketiga, Penawaran dan
Metode Pembayaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda dan Anda dengan
ini setuju untuk melepaskan Kami dari segala tuntutan apapun sehubungan
dengan kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem yang
disebabkan oleh akses tidak resmi oleh pihak lain.
Anda secara tegas membebaskan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada,
pejabat, direktur, komisaris, karyawan dan agen Kami, dari setiap dan
semua kewajiban, konsekuensi, kerugian baik materiil atau immateriil,
tuntutan, biaya-biaya (termasuk biaya advokat) atau tanggung jawab hukum
lainnya yang timbul atau mungkin timbul akibat pelanggaran Anda terhadap
Ketentuan Penggunaan ini maupun sehubungan dengan tindakan Penyedia
Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia
Metode Pembayaran.
Dikecualikan dari ketentuan di atas, jika terdapat kerugian langsung
akibat pelanggaran Kami terhadap Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda
setuju dan secara tegas membatasi jumlah tuntutan Anda sebesar jumlah
keseluruhan yang senyatanya ditimbulkan atau telah dibayarkan sehubungan
dengan peristiwa tersebut.
ANDA MENGAKUI BAHWA KAMI ADALAH PERUSAHAAN TEKNOLOGI, BUKAN PERUSAHAAN
KURIR, POS, JASA PENGANTARAN, LOGISTIK, KEUANGAN DAN LAIN-LAIN DAN KAMI
TIDAK MEMBERIKAN LAYANAN KURIR, POS, JASA PENGANTARAN, LOGISTIK,
KEUANGAN DAN LAYANAN LAIN. SEMUA LAYANAN KURIR, POS, JASA PENGANTARAN,
LOGISTIK, KEUANGAN DAN LAYANAN LAIN DISEDIAKAN PIHAK KETIGA INDEPENDEN
YANG TIDAK DIPEKERJAKAN OLEH KAMI.
DENGAN MELANJUTKAN AKSES ATAU PENGGUNAAN TERHADAP APLIKASI AKM DAN/ATAU
LAYANAN, ANDA SETUJU UNTUK TUNDUK DAN MEMATUHI SEMUA KETENTUAN PERATURAN
PERUNDANG-UNDANGAN TERKAIT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN INI, TERMASUK SEMUA
PERUBAHANNYA DAN KETENTUAN PENGGUNAAN DARI SETIAP PENYEDIA LAYANAN,
PENYEDIA KONTEN PIHAK KETIGA, PENYEDIA PENAWARAN ATAU PENYEDIA METODE
PEMBAYARAN. SEGERA HENTIKAN AKSES ATAU PENGGUNAAN APLIKASI AKM DAN/ATAU
LAYANAN JIKA ANDA TIDAK SETUJU DENGAN BAGIAN APAPUN DARI KETENTUAN
PENGGUNAAN INI.
15. Keadaan Kahar
Aplikasi AKM dapat diinterupsi oleh kejadian di luar kewenangan atau
kontrol Kami (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada
bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan
pemerintah, dan lain-lain. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari
setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kami tidak dapat memfasilitasi
Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Anda berikan melalui Aplikasi
AKM, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.
16. Lain-lain
Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan Penggunaan ini merupakan
perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol
‘daftar’ saat pembukaan Akun atau tombol ‘masuk’ saat akan mengakses
Akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam
perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Ketentuan Penggunaan ini dan
Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku
sepanjang penggunaan Aplikasi AKM dan Layanan oleh Anda.
Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap
keabsahan dari Ketentuan Penggunaan atau Kebijakan Privasi yang dibuat
dalam bentuk elektronik.
Anda tidak dapat mengalihkan hak Anda berdasarkan Ketentuan Penggunaan
ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami. Namun, Kami dapat
mengalihkan hak Kami berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini setiap saat
kepada pihak lain tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu
dari atau memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.
Bila Anda tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam Ketentuan
Penggunaan ini, dan Kami tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan
berarti Kami mengesampingkan hak Kami untuk mengambil tindakan yang
diperlukan di kemudian hari.
Ketentuan ini tetap berlaku bahkan setelah pembekuan sementara,
pembekuan permanen, penghapusan Aplikasi AKM atau setelah berakhirnya
perjanjian ini antara Anda dan Kami.
Jika salah satu dari ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini tidak
dapat diberlakukan, hal tersebut tidak akan memengaruhi ketentuan
lainnya.
Ketentuan Penggunaan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia.
Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan Aplikasi AKM
atau Layanan tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri
Denpasar.
17. Cara Menghubungi Kami
Anda dapat menghubungi Kami melalui surat elektronik ke care@akm.or.id
atau melalui nomor WA 0881-0370-50117 ataupun surat elektronik/nomor lain
yang ditunjuk oleh kami di media resmi kami. Semua korespondensi Anda
akan dicatat, direkam dan disimpan untuk arsip Kami.
Saya telah membaca dan mengerti seluruh Ketentuan Penggunaan ini dan
konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan
ketentuan yang diatur di dalamnya.